WORKSHOP ON LEARNING MEDIA

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada Sabtu- Minggu, 14-15 Maret 2020 bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat menyelenggarakan workshop on Learning Media dengan tema “Perencanaan dan Pelaksanaan Media Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills)”.

Kegiatan ini bertempat di Aula Kampus B STKIP Nurul Huda Oku Timur dengan diikuti oleh 180 Mahasiswa yang terbagi dalam beberapa prodi diantaranya pendidikan bahasa inggris, pendidikan agama islam, pendidikan bahasa dan sastra indonesia, pendidikan ekonomi, pendidikan guru madrasah ibtidaiyah dan pendidikan fisika. Pentingnya perencanaan dan pelaksanaan media pembelajaran pada dunia pendidikan membuat tenaga pendidik di wilayah okutimur dan sekitarnya merasa antusias dan tertarik mengikuti kegiatan ini yang berjumlah 50 orang.

Workshop diselenggarakan selama 2 hari dan dibuka dengan sambutan oleh Ketua STKIP Nurul Huda bapak H.Imam Rodin, S.Ag, M.Pd. Kegiatan Workshop ini merupakan rangkaian materi pembekalan yang diberikan guna kesiapan mahasiswa dalam melaksanakan mata kuliah Peer Teaching I dan II. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu memberikan pemahaman lebih jauh kepada mahasiswa dan tenaga pedidik akan pentingnya perencanaan dan pengaplikasian media yang dikembangkan dan dikemas secara kreatif dan inovasit guna meningkatkan  kualitas pembelajaran.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Ibu Sri Yulianti, M.Pd menjelaskan dalam pelaksanaan pembelajaran seorang pendidik harus menyusun Perencanaan Pembelajaran Harian dengan benar, mampu membuat atau menyediakan media pembelajaran dengan tepat, mampu menyajikan perencanaan pembelajaran sesuai dengan tema, mampu membuat media pembelajaran dalam bentuk digital, dan mampu melakukan evaluasi pembelajaran sesuai dengan perencanaan pembelajaran. Narasumber juga berkesempatan untuk memberikan contoh implementasi dan pembuatan salah satu media pembelajaran interaktif antara siswa dan pendidik menggunakan salah satu aplikasi yaitu kahoot.id. Keuntungan penggunaan aplikasi ini adalah untuk lebih merangsang konsentrasi siswa dan memberikan evaluasi pembelajaran dengan cara yang lebih menarik dan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.

Pada kesempatan ini narasumber menyampaikan bahwa pentingnya seorang pendidik dalam memahami dan mengikuti perkembangan teknologi untuk dapat menyajikan pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif yang dapat memotivasi minat belajar peserta didik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*